Stasiun Kereta Api Bondowoso, salah satu saksi bisu sejarah kelam Indonesia. Ya...stasiun yang di bangun pada tahun 1915 ini telah banyak melihat penderitaan tahanan Agresi Militer I Belanda pada tahun 1947. Stasiun yang di bangun oleh Pemerintah Hindia Belanda ini awalnya di gunakan untuk transportasi barang terutama barang-barang hasil pertanian & perkebunan. Namun pada tahun 2004  Stasiun Bondowoso ini mulai tidak beroperasi lagi. Itu di karenakan sarana dan jalan tidak memenuhi syarat untuk beroperasi dan karena biaya yang tidak mencukupi untuk beroperasinya stasiun ini. Kurangnya biaya di karenakan sepinya pengunjung, yang pada saat itu kesadaran warga masyarakat untuk menggunakan transportasi umum seperti halnya kereta api masih rendah. Namun sekarang kebutuhan akan transportasi umum ini mulai meningkat pesat. Hal ini di buktikan banyak warga yang membeli karcis kereta api di Stasiun Bondowoso. 










Stasiun Bondowoso tampak dari dalam
 
 
 
  
 
Namun ada kabar gembira untuk kita semua. Bukan kulit manggis ada ekstraknya, tapi berdasarkan usulan daerah dan program Pemerintah Bondowoso, Stasiun Bondowoso akan diaktifkan kembali pada tahun 2016 mendatang. Pemerintah sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk mengembalikan fungsi stasiun, contohnya pemerintah sudah mulai merenovasi stasiun. Kepala Stasiun Bondowoso, Bapak Eko Langgeng (45) berharap Warga Bondowoso bisa memanfaatkan fasilitas umum ini kedepannya. Beliau juga menuturkan bahwa diharapkan Warga Bondowoso dapat bekerjasama untuk merawat dan menjaga fasilitas ini dengan sebaik baiknya. PT. KAI Bondowoso tentunya juga akan membuat iklan untuk membujuk Masyarakat Bondowoso menggunakan transportasi umum ini.



Stasiun Bondowoso tampak depan
 
elama menunggu proyek di aktifkannya kembali stasiun ini, PT. KAI Bondowoso akan menggunakan Stasiun Bondowoso dan bukti-bukti peninggalan sejarah sebagai museum dan barang-barang koleksinya. Namun bukan hanya itu saja, tentunya barang-barang koleksi juga akan di tambah. Jika di perlukan, akan di bangun stasiun baru di sebelah timur Stasiun Bondowoso saat ini.**(KUNTI&FILIPUS)
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

2 komentar:

  1. kulit manggis ada extaknya :v
    sekedar saran..tulisannya dirapikan lagi
    *untuk admin

    BalasHapus
  2. oke... trimakasih atas sarannya @Fajar Indra..
    #Administrator

    BalasHapus

 
Top